Manfaat Daun Nangka

Nangka, hmm..semua pasti mengenal sosok buah harum nan lezat ini. Nah, jika biasanya Anda hanya memanfaatkan buahnya saja, ada lho bagian dari nangka yang ternyata punya faedah baik untuk kesehatan, yakni daunnya.

Kok daun? Ya, memang sepertinya daun nangka sering di keluhkan keberadaanya karena daun nangka sering mengotori halaman Anda. Padahal daun nangka berkhasiat untuk mengatasi beberapa penyakit lho! Daun tanaman ini di rekomendasikan oleh pengobatan ayurveda sebagai obat antidiabetes karena ekstrak daun nangka memberi efek hipoglikemi (Chandrika, 2006).

Selain itu daun pohon nangka juga dapat digunakan sebagai pelancar ASI, borok (obat luar), dan luka (obat luar). Daging buah nangka muda (tewel) dimanfaatkan sebagai makanan sayuran yang mengandung albuminoid dan karbohidrat. Sedangkan biji nangka dapat digunakan sebagai obat batuk dan tonik (Heyne. 1987).

Nah, untuk menjaga kesehatan tubuh dan mengobati berbagai penyakit dalam tubuh, Anda dapat mengkonsumsi air rebusan daun nangka ini. Cara menggunakannya sangat mudah. Siapkan 10 lembar daun nangka yang sudah tua dan bersihkan dengan menggunakan air. Kemudian rebus daun nangka dengan menggunakan 1 ½ liter air tunggu beberapa saat sampai daun nangka setengah matang dan matikan api.

Kemudian tiriskan pada mangkuk lalu tutup agar uap air nangka ini tidak terbuang. Setelah dingin, minumlah ramuan daun nangka sebanyak 3 kali sehari setengah jam sebelum Anda makan.

Anda tertarik mencobanya? Ingat ya, sebelum Anda mengaplikasikan resep tersebut, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter Anda. Semoga bermanfaat ya.

Silakan dibagikan jika artikel ini menarik atau bermanfaat.

Terima kasih.

Terima kasih sudah membaca artikel Manfaat Daun Nangka ini. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Jangan lupa tinggalkan komentar anda di kotak komentar di bawah. Ditunggu Like dan Share-nya. Jika ada pertanyaan, keluhan yang sifatnya pribadi silakan kontak kami.

0 Response to "Manfaat Daun Nangka"

Post a Comment